Kamis, 13 Agustus 2009

Profil BEM KM FMIPA UGM

Gerakan mahasiswa yang telah banyak memicu perubahan Bangsa Indonesia terutama UGM sehingga tidak akan lengkap apabila tidak menyebutkan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa FMIPA UGM ( BEM KM FMIPA UGM). Trendsetter gerakan mahasiswa di UGM banyak dipengaruhi oleh gerakan dari BEM KM FMIPA UGM. BEM KM FMIPA merupakan lembaga eksekutif tertinggi bersama Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM KM FMIPA UGM) yang ada di FMIPA UGM. Lembaga yang sejak awal berdirinya FMIPA UGM selalu bersama-sama membangun dan menghasilkan calon-calon penerus bangsa hingga saat ini.
Perubahan zaman , pergantian kepemimpinan bangsa turut memetamorfosis nama BEM KM FMIPA UGM, pergantian yang berulang-ulang mulai dari Senat Mahasiswa ( SEMA), Dewan Mahasiswa ( DEMA) kemudian Badan Eksekutif Mahasiswa dan samapai saat ini memiliki nama BEM BEM KM FMIPA UGM namun perubahan tersebut tidak mengurangi esensi dari tujuan BEM sejak pertama kali terlahir. Penambahan kata Keluarga Mahasiswa memiliki arti yang sangat mendalam dimana semua lembaga yang ada di FMIPA UGM ini terikat dalam suatu hubungan yang dekat dan erat yaitu Keluarga Mahasiswa FMIPA UGM.
BEM KM FMIPA UGM memiliki peran sosial politik sehingga fokus gerakan BEM pada kedua bidang tersebut namun, bukan berarti BEM KM FMIPA UGM mengesampingkan bidang yang lainya. Peran sosial politik ditopang oleh fungsi kaderisasi dengan adanya Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (Departement PSDM), fungsi koordinasi oleh Biro Publik Relation (PR), fungsi Pelayanan diampu oleh Departemen sosial (DepSos) sedangkan fungsi yang terakhir adalah fungsi aspirasi dikhususkan kepada Departeman Apresiasi Mahasiswa (AM) dan Departemen Advokasi. Disamping itu BEM KM FMIPA UGM memiliki Departemen Riset, Teknologi dan Keilmuan yang bergerak dalam bidang keilmuan, ditambah Departemen Kajian dan Straegis (Kastrat) yang menjadi pusat kajian, opini dan media serta Divisi Entreprenuer yang akan memberikan soft skill bidang kewirausahaan.

KABINET PELAYANAN DAN PENGABDIAN
BEM KM FMIPA UGM Periode 2008/2009
“ Terus Melayani dan mengabdi untuk negeri ”
VISI :
”BEM KM FMIPA UGM menjadi lembaga yang memiliki image dan reputasi positif, kawah candradimuka, pusat kegiatan, koordinasi, pelayanan, dan penyalur aspirasi mahasiswa untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan”.
MISI :
1. Menjadikan BEM KM FMIPA UGM sebagai lembaga yang memiliki image positif dan reputasi bagus dikalangan mahasiswa, fakultas, universitas dan masyarakat umum.
2. BEM KM FMIPA UGM mencetak kader-kader yang memiliki integritas sumber daya manusia yang berkualitas.
3. BEM KM FMIPA UGM sebagai pusat kegiatan dan pelayanan mahasiswa FMIPA UGM.
4. BEM KM FMIPA UGM sebagai sarana menyalurkan aspirasi mahasiswa FMIPA UGM .
5. BEM KM FMIPA UGM sebagai pusat koordinasi lembaga di FMIPA UGM.
Susunan Pengurus
Ketua Aza El Munadiyan
( Fisika ’06 ) KaDept Ristek Tya Hermoza
( Statistika ’06 )
SekJend Wandi Ridho Putra
( Statistika ’06 ) Kadiv Saintek Erlita Nurulliani
( Kimia ’07 )
Bendum Radwinda Kurnia Putri
( Kimia ’06 ) Kadiv RisMa Nadi Susanto
( Elins ’07)
Asst Bendum Rafika Hadhinati Syafirdi
( Statistika ’07 ) KaDept AM Priyo Adyaksa Ruiyatmo ( Ilkom ’06 )
Kadiv Entreprenuer Burhanudin Hakim
( Komsi ’07 ) Kadiv Mikat Ibnu Abdurrahman
( Fisika ’07 )
SE Ramadhina Wahyu N
( RekMed ’06 ) KaDept Kastrat Adi Puja R
( Statistika ’06 )
Asst SE Nur Alfiani Agus
( Ilkom ’07 ) KaDiv Kajian Uswatun Khasanah (Fisika ’07 )
KaBiro PR Irwan Rizadi
( Statistika ’07 ) Kadiv Opmed Puspita Ratri Wulandari ( Kimia ’07 )
KaDept PSDM Ardi Arya P
( Statistika ’06 ) KaDept Advokasi Andreas Harnindito
( Ilkom ’07 )
Kadiv Kaderisasi Paramita Tri Y
(Matematika ’07 ) KaDiv Disprogsi Zefri munandar
(Fisika ’07)
KaDept Sosial Lambang Wicaksono
( Elins ’06 ) KaDiv ID Arief Gunawan
(Fisika ’07)
Kadiv PM Muhammad Rio Nugraha
( Statistika ’07 )
Kadiv SosMas Adhani Fajar Sari
( Kimia ’07 )


Proker BEM KM FMIPA UGM yang telah terealisasi seperti Upgrading, bakti sosial, seminar, talkshow, syukuran wisuda dan Career Development Training ( CDT) untuk wisudawan/ti, Training Kehumasan, Training Manejemen Organisasi (TMO), Beasiswa BOP, Filantropi untuk SMP dan SMA, beasiswa adik mahasiswa MIPA, donor darah MIPA (DORAMI), evaluasi dan study banding, bimbel UAN, desa mitra, Diskusi Publik, kajian rutin, pengiriman delegasi, Pekan Kesehatan Masyarakat, Liga Futsal MIPA, Bedah buku, kunjungan industri, dan kegiatan lainya.
Kegiatan yang akan kami laksanakan sendiri maupun bekerja sama dengan lembaga yang lain seperti MIPA EXPO (MIX), PASCAL 2009, PEMIRA 2009, OR BEM, Open House BEM, Kunjungan ke Pusat Study Energi ( PSE UGM), dengar pendapat masalah energi ke DPRD DIY, Lokakarya dan kegiatan lainya yang tidak dapat kami sebutkan semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar